Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis
KARYA ILMIAH
TUGAS
AKHIR LINGKUNGAN BISNIS
B. Analisa Jasa Dan Keunggulan
D. ANALISA PRODUK
OPERASI
JASA DESAIN FOTO
Di susun oleh :
NAMA : Muhammad irfan Auza'i
NIM/NPM : 16.02.9425
KELAS : D3 Manajemen Informatika 04
UNIVERSITAS AMIKOM
YOGYAKARTA
KATA PENGANTAR
Puji syukur
penulis kehadirat allah swt, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya,
sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dengan baik dan
benar. Karya tulis ini di ajukan untuk melengkapi tugas kuliah lingkungan bisnis
semester genap tahun akademik 2017 UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA, judul karya
tulis yang penulis ajukan adalah Jasa Desain Foto Melalui karya
tulis ini, penulis ingin memberikan contoh usaha bisnis dengan modal
koneksi internet, laptop/pc dan modal yang tidak terlalu besar, dan mengasilkan keuntungan
besar.
Dalam penulisan
karya tulis ini, Saya ucapkan terima kasih kepada :
1. Prof.Dr. Ki Supriyoko
2. Prof.Dr. Siti Chamamah
3. Prof.Dr. HR Wasito
4. Dr. Muhammad Idris P,mm
5. Dr. Mudzakkir
6. Prof.Dr. Sukandarrumidi
7. Prof.Dr. M. Suyanto, MM
yang telah memberikan materi dan tugas ini sehingga saya dapat menambah pemahaman
saya tentang Usaha Kecil dan Menengah. Terima kasih pula saya ucapkan kepada teman-teman
yang telah membantu saya dalam menyusun karya ilmiah ini.
Saya telah
berupaya menyempurnakan karya ilmiah ini, namun seperti kata pepatah, “ Tak ada
gading yang tak retak” maka saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun
dari Para Dosen, teman-teman dan orang lain yang sudi
meluangkan waktunya untuk menyimak isi dari makalah ini.
Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan , Saya sanagt berharap karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Hal ini merupakan bukti adanya manfaat
dari perkembangan teknologi komputer saat ini. Pasti kita pun menyadari dengan
adanya perkembangan softare aplikasi editing foto sangat baik sekali yang mana memudahkan kita membuat usaha dengan menyediakan jasa desain foto yang mana kita dapat memnuhi apa yang di kehendaki oleh pelanggan.
Dengan menggunakan media komputer ataupun laptop serta aplikasi pengolah gambar yang saat
ini sedang marak dipergunakan tentu pelanggan dan penyedia jasa tidak perlu bingung untuk mendesain gambar sedemikian rupa, artinya penjual dan pembeli tidak terbatas berkreasi. Kapan pun dan bagaimanapun, hal inilah yang
menjadi salah satu keuntungan dari sebuah kemajuan teknologi. Kemudahan dalam hal
pembutan tentu akan mempengaruhi keberlanjutan usaha selanjutnya. kita juga dapat menggunakan Internet sebagai sarana untuk berinteraksi dengan konsumen sehingga
komunikasi dapat terjalin dengan lancar serta tidak terbatas oleh waktu dan
tempat, mengingat jangkauan internet begitu luas dan mencakup berbagai aspek
yang kita butuhkan.
a.
Jenis
Produk / Jasa
Jasa
yang disediakan adalah desain foto atau gambar sesuai permintaan konsumen. Juga
memberikan layanan pengiriman hasil cetakan gambar sesuai pemesanan konsumen.
Hasil lainnya adalah berupa barang yaitu paper toys atau boneka kertas sebagai
hiasan dinding atau hiasan lainnya.
b.
Keunggulan
Produk / Jasa
Jasa pengeditan foto didesain sebaik mungkin sesuiai kebutuhan dan permintaan konsumen, kertas dan frame foto menggunakan kertas dan frame yang berkualitas
C. ANALISA PASAR
a.
Segmen
Pasar
Segmen
utama dalam pemasaran produk ini adalah kalangan masyarakat penggemar aneka
kerajinan dan hiasan ruangan. Untuk saat ini, pemasaran desain masih
dalam jangkauan kota, tetapi jika usaha semakin berkembang, maka dapat
dipasarkan sampai ke luar wilayah.
b.
Pesaing
dan Peluang Pasar
1)
Pesaing
Ø Wirausahawan
dalam bidang percetakan foto dan desain.
Ø Wirausahawan
dalam bidang kerajinan dan aksesoris ruangan.
2)
Peluang
Ø Semakin
maraknya internet dan banyaknya pengguna jejaringan sosial, blog, maupun situs
– situs pribadi perusahaan maupun perorangan yang tidak luput dari gambar
sebagai profil jejaring sosial, header blog, tampilan wallpaper dan sebagainya.
Ø Membantu masyarakat yang kebingungan dalam mendesain foto
c.
Media
Promosi
Media
Promosi yang digunakan adalah melalui internet. Melalui situs pribadi maka
konsumen dapat melihat produk dan jasa yang dihasilkan dan mendapat informasi
cara pemesan dengan melalui situs tersebut.
d.
Srategi
Pemasaran
1)
Kebijakan
Produk
Jasa
edit foto atau gambar yang dihasilkan lain dari yang lain. Hasil cetak foto menggunakan kertas yang berkualitas dan frame
foto yang terjamin kualitasnya.
2)
Kebijakan
Harga
Kebijakan
harga produk atau jasa bervariasi sesuai dengan kerumitan desain dan ukuran produk
yang dijual. Untuk desain atau edit foto Rp 5000,- s/d Rp 200.000,-.
3)
Kebijakan
Promosi
Promosi
produk dan jasa melalui:
Ø internet,
yaitu dengan blog atau sius pribadi perusahaan.
Ø Melalui
banner
Ø Melalui
teman – teman terdekat
4)
Kebijakan
Distribusi
Pengiriman
barang pada penjualan ini mengunakan jasa pengiriman, yang aman dan terpercaya.
Sehingga barang yang di pesan dapat diterima dalam kondisi yang prima dengan
proses pengepakan yang baik.
A.
Bahan
Produksi
a. Bahan
Baku
Bahan baku dalam
pencetak cetak foto adalah kertas foto.
b. Bahan
Pendukung
Bahan lain untuk
mendukung pembuatan produk dan jasa tersebut adalah Lem kertas, Mika, plastik,
Tinta print, sumber daya dan frame foto.
c. Peralatan
yang digunakan
Peralatan yang
digunakan dalam pembuatan produk atau jasa tersebut adalah, komputer, gunting,
cutter, printer, pensil.
B.
Pasokan
Bahan Baku
Pasokan
bahan baku banyak dijumpai ditoko – toko percetakan diwilayah terdekat.
E. ANALISA MANAJEMEN
A.
Organisasi
Untuk mengatur kelancaran produksi maupun jasa, maka
perlu dibentuk suatu organisasi dengan struktur organisasi sebagai berikut:
a.
Pengusaha
Utama
Pemilik usah yang bertanggung jawab
atas kelancaran keseluruhan dan pemasaran, melakukan negosiasi bisnis,
serta dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan
perusahaan dengan dibantu tenaga pembantu.
b.
Tenaga
Teknis dan administrasi
Tenaga teknis dan administrasi yang
diperoleh adalah mengambil dari tenaga teknis luar yang ada di masyarakat
sekitar.
c.
Tenaga
Manajerial
Seorang yang membantu kegiatan
pengusaha utama, mengatur jalannya usaha lembaga pendidikan tersebut. Melakukan
pengelolaan usaha yang ada baik pengelolaan keuangan, ataupun pemasaran.
B.
Kemampuan
dan Keterampilan
Ø Kemampuan
dan keterampilan yang diperlukan adalah, dapat menguasai software desain
seperti corel draw, photoshop, illustrator dan sebagainya.
C.
Wewenang dan
Tanggung Jawab
Penanggung jawab utama pada
perusahaan adalah para pengelola usaha atau diri sendiri sebagai (enterpreneurship).
D. ANALISIS
SOSIAL EKONOMI
Dengan adanya usaha ini, maka akan
terciptanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar. Usaha ini
dilakukan secara online maupun bertemu langsung sehingga mempermudah pelanggan untuk
membeli atau memesan produk, tapi dengan pengiriman yang memanfaatkan
pengiriman jasa dan pembayaran melalui rekening.
E. ANALISIS
LINGKUNGAN
Bahan bahan yang digunakan untuk
pembuatan produk, ialah berupa kertas. Kertas tersebut mudah dicerna oleh tanah
dan juga dapat di daur ulang kembali, sehingga tidak akan mencemari lingkungan
sekitar.
KESIMPULAN
Membuka usaha dengan menjadi desainmerupakan
peluang untuk mendapatkan konsumen, karena konsumen tidak akan merasa repot atau kebingungn
untuk mendesaingambar pilihan mereka, Dengan banyaknya jejaring
sosial dan usaha – usaha lain, maka desain gambar inipun banyak dicari
perusahaan maupun perorangan untuk mendesain mulai dari logo produk sampai
dengan periklanan produk perusahaan.
referensi : www.carabisnisonline.xy

0 komentar:
Posting Komentar